Membuat Boneka Bertulang, Peluang Menggantikan Barbie

Baca Juga



Sebagai bukan penggemar boneka Barbie Oase Ide merasa sedikit heran kenapa boneka kecil jenis ini sangat mendunia dan digemari dari dulu hingga sekarang. Penggemarnya mungkin punya jawaban.

Boneka Barbie pertama kali diperkenalkan pada tahun 1959 dan telah menghibur anak-anak di seluruh dunia selama puluhan tahun. Lebih dari 1 miliar boneka Barbie telah terjual sejak pertama kali diluncurkan. Gagasan tentang boneka dengan pakaian modis muncul dari Ruth Handler, salah satu pendiri Mattel Toys. Sejak itu trend busana Barbie telah menjadi trend turutan kepopuleran bonekanya sendiri.

Dari figur Barbie ini bermunculan berbagai industri dibidang lain dengan memakai kepopuleran Barbie, seperti film, game, produk baju, makanan, bahkan manusia yang mengidentikan dirinya dengan Barbie dengan sekian operasi plastik.

Bahkan face looklike Barbie menjadi simbol keimutan dan kecantikan di banyak negara, sehingga istilah cantik seperti Barbie atau langsing seperti Barbie telah menjadi jargon.

Sebagaimananya persaingan industri, jika muncul suatu produk yang kemudian best seller dan menjadi trend, beberapa perusahaan sejenis berlomba-lomba menciptakan "pembunuhnya". Seperti saat iphone muncul maka muncul produk-produk yang diidentifikasi sebagai "Iphone Killer" atau "the next iphone killer". Kalau dalam mobil saat Nissan Juke menjadi fenomena, beberapa pabrikan mobil berlomba-lomba mendesain dan memproduksi "juke killler". Begitu pun sepertinya Barbie.

Dalam "dunia Barbie" alih-alih memproduksi The killernya, justru muncul figur Ken sebagai pasangan Barbie. Tapi tetap saja figur Ken ini tidak bisa menggeser kepopuleran pasangannya.


OASE IDE menuangkan ide disini bukan dalam rangka menawarkan "pembunuh Barbie", karena bisa jadi ide ini sudah pernah ada (tapi ide yang ditulis ini asli original dari Oase Ide, tanpa plagiat tanpa copy paste, dan Oase ide tidak berdasarkan referensi lain). Hanya terfikir suatu jenis boneka seperti Barbie tapi lebih "manusiawi".

Sudah umum diketahui bahwa boneka Barbie memiliki "anggota tubuh" yang tidak bisa bergerak sebagaimana anggota tubuh manusia karena tidak adanya sendi. Kakinya tidak bisa ditekukkan kecuali bagian pahanya, begitu juga tangan hanya bergerak memutar, Kepala pun hanya bisa menoleh tanpa variasi gerak lain. Begitupun kulitnya hanya berupa plastik keras,

Atas dasar ini Oase Ide mempunyai ide boneka dengan ukuran yang sama tapi memiliki konsep BONEKA BERTULANG. Hal-hal yang menjadi ciri khas dan membedakan dengan barbie yaitu:

1. Boneka ini memiliki (tulang) persendian-persendian utama sebagaimana layaknya persendian manusia. Jadi boneka ini bisa duduk seperti manusia, memegang gelas, menunjuk, gerakan kepala lebih komplit,

2. Boneka ini juga memiliki "daging" yang membungkus tulang/persendian tadi. Yang terbayang oleh Oase ide "daging" yang dimaksud di sini terbuat dari bahan seperti busa sintetis yang padat dan kenyal. Oase ide pernah melihat sejenis busa yang berwarna coklat muda (seperti warna kulit) tapi tidak seperti busa pada umumnya yang banyak memiliki rongga, busa sintetis ini lebih padat dan kenyal.

Baca Juga




Kelebihan-kelebihan dari boneka jenis ini

1. Tulangnya yang aerodinamis memungkinkan boneka berpose lebih "manusiawi" seperti naik sepeda, olahraga, duduk berbagai pose, dan lain-lain

2. Jika di Barbie asesories dan perawatan pada boneka hanya terbatas "perawatan rambut dan pakaian", boneka jenis ini lebih banyak sehingga diduga lebih menarik bagi anak-anak perempuan bereksplorasi, seperti perawatan kulit (busa, karena busa sintetis akan bisa berubah warna dan kepadatan jika terlalu sering dipegang) atau menjaga jangan sampai "tulang patah" dll

3. Dari poin nomor dua bisa terbuka juga peluang jasa pihak ketiga lain seperti jasa perbaikan kulit atau "operasi kulit" dengan menyediakan spare part dan perawatan, misalnya tulang patah, atau kulit sobek atau ganti warna kulit.

Ide seperti ini tentu hanya bisa dijalankan jika dibuat research dulu. Dan jika layak maka juga diperlukan dana yang lumayan tidak kecil.

Belum tentu bisa merebut pasar Barbie, tapi minimal terbentuk pasar baru. Silahkan dipertimbangkan (RiM)


Semua Ide di Blog ini adalah gratis. Silahkan dipilih yang sesuai dengan minat. Tapi jika mendapat keuntungan dari sini dan berminat untuk donasi demi kelangsungan blog ini, kami akan sangat berterima kasih. No Rek yang bisa dituju yaitu 1610042433 bank Muamalat. Terima Kasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »