Story Teller Konten Siroh atau Agama, Bisa Kerjasama Dengan TK atau SD

Baca Juga


Anda punya kemampuan membacakan dongeng? Atau punya pengalaman membuat anak-anak terkagum-kagum dengan cerita yang Anda bawakan? Maka ini bisa menjadi peluang usaha Anda.

Tapi sebelum Anda memulai bisnis ini maka buat dulu uji publik apakah memang orang-orang tertarik dengan apa yang kita sampaikan. Jangan sampai kita terlalu PD padahal orang memandang beda. Jika belum maka terus belajar dan memperbaiki diri.

Ada tiga kunci dari usaha ini yang mutlak dimiliki:
1. Konten dan Konsep yang menarik
2. Cara menyampaikan yang menarik
3. Komponen mendukung yang profesional

Mari kita jabarkan:

1. Konten & Konsep Menarik
Target pasar yaitu orang-orang yang suka dengan dongeng dalam hal ini tentunya anak-anak seumuran TK dan SD. Maka konten harus fokus berupa ajaran moral/pendidikan akhlaq yang dikemas dalam pembacaan dongeng semenarik mungkin. Karena konten inilah yang banyak dibutuhkan dibanding sekedar hanya cerita hiburan

Walau sebenarnya guru-guru pun bisa mendongeng, tapi tetap ada peluang untuk menawarkan kerja sama ke TK2 atau SD2 asal dengan konsep menarik.

Contoh konten yang bisa dibuat serial yang kemungkinan dibutuhkan sebagai pendamping pelajaran anak-anak TK dan SD: Sirah Nabi Muhammad.

2. Cara Penyampaian Cerita
Jika bercerita seperti membaca dongeng sebagaimana membaca dongeng sambil membaca buku sebelum tidur maka cara ini tidak akan menjual. Semua guru bisa dan tidak perlu.

Jadi sebelum eksekusi maka harus sungguh-sungguh berlatih dan uji publik. Bisa dengan memulai di lingkungan dulu, sambil terus memperbaiki konsep, dan teknik

3. Komponen Pendukung
Untuk memiliki nilai jual, konsep mendongengnya harus menyertakan alat peraga yang menarik. Alat peraga yang akan menarik perhatian anak bisa berupa boneka yang unik, atau dibuatkan animasi dengan efek suara yang dramatis. Jadi untuk pendukung ini diperlukan modal yang cukup lumayan seperti laptop, jika punya infocus (bisa kerjasama dengan pihak sekolah untuk pengadaan infocus). Sudah siap dengan aneka musik latar atau suara efek yang menarik.


Eksekusi
Setelah memiliki kemampuan yang bisa menjual beserta konsep dan sarana pendukung, buat proposal kerjasama kepada sekolah TK atau SD untuk pelajaran tambahan berupa dongeng atau siroh nabi. Sampaikan keunggulan yang ditawarkan dan juga keuntungan bagi pihak sekolah dengan kerja sama ini. Dan bisa juga dengan memberikan penawaran gratis atau potongan harga untuk memperkenalkan diri. Jangan menyerah jika dalam beberapa penawaran belum mendapat tanggapan, tapi yakinlah jika order sudah nyangkut satu dan menampakan kepuasan bagi anak-anak dan pihak sekolah maka akan diikuti dengan order-order yang lain.

Baca Juga




Selamat mencoba

Modal Utama: Kemampuan Bercerita
Modal Penting: Menyusun Konsep, Menyiapkan media
Modal Investasi : Alat peraga, Laptop,
Modal Kerja: 0 - 100rb (Membuat proposal kerjasama, ongkos jalan)
Modal Berharga : Relasi
Estimasi Pendapatan: 100rb - 500rb atau lebih per penampilan

 
Semua Ide di Blog ini adalah gratis. Silahkan dipilih yang sesuai dengan minat. Tapi jika mendapat keuntungan dari sini dan berminat untuk donasi demi kelangsungan blog ini, kami akan sangat berterima kasih. No Rek yang bisa Anda dituju yaitu 1610042433 bank Muamalat. Terima Kasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »