Punya Banyak Info? Suka Menulis? Jadi Blogger Bisa jadi Usaha Menguntungkan

Baca Juga


Jika Anda memiliki hobbie menulis atau memiliki info-info menarik berupa foto-foto atau laporan pandangan mata dari hobi Anda, maka menjadi blogger bisa menjadi alternatif.

Bagi beberapa onliner, Blogger bisa menjadi profesi, jika diseriusi. Bagi yang sudah profesional dan mengetahui trik-trik dalam membaca trend, profesi ini bisa menghasilkan dari 100ribu hingga 500 ribu per hari. Walau memang untuk dapat memiliki blog yang bisa dilirik oleh pemasang iklan itu memerlukan waktu yang tidak sebentar. Jika konten menarik bisa jadi cepat dilirik oleh Penyedia jasa iklan seperti Google Adsense.


Berikut tema-tema blog yang banyak dicari:

1. Blog Mengenal ... Atau Apa itu ....
Konten blog ini berisi info atau definisi dari berbagai hal. Karena jika seseorang tidak mengetahui suatu hal biasanya langsung googling. Untuk blog ini maka banyak memiliki referensi alias hunting definisi menjadi rutinitas. Dan juga peka terhadap trend pertanyaan netizen.

2. Blog download gratis
Selama kesejahteraan belum merata maka masih banyak netien mencari yang gratis-gratisan. Ini adalah peluang. Blog download gratis meliputi konten-konten seperti lagu, software, aplikasi, film atau file-file lain. Konten-konten ini bisa yang legal atau ilegal. Tapi perlu dicatat konten ilegal maka tidak akan dilirik oleh Google Adsense. Google Adsense adalah perusahaan penyedia jasa konten iklan yang paling diminati oleh pemilik blog. Tapi konten ilegal pun bukan berarti tidak bisa dipasang iklan oleh pihak ke tiga. Perusahaan-perusahaan seperti PopAds, Adstera, Chitika dan lain-lain masih menampung blog kita sebagai ads publisher. Tinggal pertimbangkan halal-haramnya dari konten yang ilegal tersebut, hehehe

3.Blog Tutorial (How to)
Pengetahuan terapan saat ini makin banyak diminati, maka blog-blog yang berisi tutorial sangat banyak juga dicari. Jika Anda memiliki keahliah tertentu, atau hobi tertentu dan Anda tahu praktek yang baik dari keahlian dan hobi Anda, tuangkan saja ke dalam Blog karena banyak yang membutuhkan info itu

4. Blog P*rn*
Not recommended. Tapi memang banyak yang nyari. Parah

5. Blog Tips dan Trik
Semakin simpel solusi, atau pemecahan masalah maka makin banyak dicari orang. Misalnya: mengupas banyak bawang tanpa mengeluarkan air mata, atau agar kendaraan hemat bahan bakar dll. Jika Anda banyak memiliki info jenis ini maka tuangkan saja ke dalam Blog.

6. Blog Perjudian Online
Not recommended. Tapi memang banyak juga dicari orang, Dasar!!

7. Blog Fakta
Curiousity itu katanya ciri-ciri orang modern. Jika ada suatu peristiwa maka banyak orang ingin mencari fakta sebenarnya yang terjadi. Peluang bagus, tapi Anda dituntut untuk dapat mencari info yang sedalam-dalamnya atas suatu peristiwa.

8. Blog Berita Unik, Aneh/Kejutan
Blog ini selalu menghibur, maka pasti akan banyak dicari netizen. Contoh blog yang memiliki hit yang sangat besar seperti brilio.net

9. Blog Android atau Informasi Teknologi
Sekarang zaman android. Jadi pasti banyak yang mencari informasi tentang sistem operasi smartphone ini.

10. Berita Selebritis
Blog ini juga banyak peminatnya. Apalagi jika selalu terdepan dalam update berita. Atau memiliki gaya bercerita yang unik.

11. Informasi Produk
Biasanya selain berisi informasi suatu produk, blogger jenis ini juga menyengaja bermodal atau membeli produk tersebut atau bisa juga dengan kerjasama sponsorship kemudian membuka produk tersebut dari mulai boks yang tersegel dan memperkenalkannya.


Bagaimana Eksekusinya:


1. Buat Blog.
Bisa dengan membuat dan berlangganan hosting atau yang gratis. Untuk yang gratis saya rekomendasikan blogspot. Pertimbangannya: Blogspot milik google, dan google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan netizen.

Baca Juga



2. Buat Judul menarik
Kesan pertama judul bisa menarik orang untuk membaca. Usahakan pilih yang sesuai konten dan juga menarik

3. Daftarkan Blog di mesin pencari
Jika blog tidak didaftarkan maka tidak akan terbaca atau terindex oleh mesin pencari. Daftarkan minimal ke dua mesin pencari utama yaitu: Google dan Bing (Yahoo)

4. Buat Konten
Buat konten semenarik mungkin, dan USAHAKAN BUKAN HASIL COPY PASTE. Karena Google biasanya tidak akan meng-approve blog yang berisi konten copy paste sebagai Ads Publisher. Walau penyedia jasa layanan Ads Publisher lain tidak mempermasalahkan itu seperti Popads, Adstera, Chitika dll.

5. Promosikan Blog
Supaya dilirik orang, promosikan blog kita ke semua media yang memungkinkan orang melihat. Media-media gratis seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau Whatsapp. Bisa juga dengan meninggalkan jejak di blog orang lain dengan mengisi kolom komentar dan menyertakan alamat blog kita.

6. Daftar Google Adsense
Jika viewer sudah lumayan banyak, daftarkan ke Google Adsense. Blog Anda akan direview. Jika memang layak biasanya dalam 5 hari kerja sudah diapprove. Biasanya blog yang sudah berumur minimal 3 bulan baru akan diutamakan, tapi jika blog Anda memang unik kadang tidak menunggu waktu lama. Blog pertama saya sekitar 2 bulan lebih (walsantornews.blogspot.com), yang kedua hanya beberapa minggu (lapak-walsan.blogspot.com).


Yang perlu diperhatikan:
Konsistensi dalam membuat konten mempromosikan blog

Demikian. Jika ada pertanyaan, dengan senang hati akan diterima.

Modal Utama: Kemampuan dan Kemauan Menulis
Modal Penting: Komputer atau Laptop dan koneksi internet
Modal Uang : Hanya untuk membayar koneksi intenet
Estimasi Pendapatan: 5rb - 500rb atau lebih per hari (Kondisional)


Semua Ide di Blog ini adalah gratis. Silahkan dipilih yang sesuai dengan minat. Tapi jika mendapat keuntungan dari sini dan berminat untuk donasi demi kelangsungan blog ini, kami akan sangat berterima kasih. No Rek yang bisa Anda dituju yaitu 1610042433 bank Muamalat. Terima Kasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »