10 Inovasi Usaha Baso yang Akan Membentuk Pelanggan Setia

Baca Juga


Peminat penganan Baso selalu ada. Bahkan banyak yang bisa disebut penggemar baso atau baso maniak. Jika basonya enak otomatis tanpa perlu iklan akan banjir pengunjung. Apalagi pada musim-musim hari raya atau pada lokasi-lokasi strategis, seperti kampus, sekolah atau lokasi keramaian.

Tapi, jika kita memiliki usaha baso yang memiliki konsep yang bagus, baik dari rasa maupun suasana tempat, maka lokasi tidak terlalu berpengaruh.

Usaha baso sudah banyak, baik yang menempati lokasi tertentu atau yang berjalan pakai gerobak. Anda bisa memulai seperti itu. Tinggal cari resep atau beli baso yang enak, punya tempat yang rapi dan bersih, maka bisa langsung jualan.

Tapi ada beberapa hal yang Oase Ide ingin sampaikan mudah-mudahan menjadi ide tambahan yang bukan hanya sekedar jual baso tapi juga menjual konsep. Di zaman sekarang kadang orang mempertimbangkan juga konsep yang lain dari yang lain.

Konsep yang bisa dipertimbangkan:

1. Wadah/mangkok yang unik
Mangkok bakso identik dengan mangkok cap ayam jago. Sampai sekarang masih banyak yang memakai. Jika berinovasi dengan hanya sekedar merubah mangkok bisa jadi akan menjadi cerita dari mulut ke mulut. Bentuk-bentuk mangkok yang unik misalnya bebentuk hati, atau kotak

2. Cara Penyajian
Yang default itu mangkok baso ditemani botol saos, botol kecap, cuka. Jika dibuat inovasi yang menarik tentu akan menambah pengalaman yang menarik bagi pengunjung. Misalnya di meja sudah standby baso dan aneka mie dan sayuran, kemudian ada juga panci kecil yang siap tungku, jadi pelanggan mencoba pengalaman menyajikan sendiri dari pancinya. Atau baso dibuat prasmanan atau ide lainnya.

3. Meja Saji
Yang biasa itu kalau di kios kecil pinggir jalan ada meja panjang, kemudian bangku panjang yang diduduki bersama atau bangku-bangku plastik. Atau ada yang lebih baik dengan meja kotak berisi 4 kursi. Ini sudah biasa. Inovasi yang bisa dicoba misalnya nuansa meja jepang yang pendek, atau meja berpayung. Atau yang lebih intim lagi dengan meja yang hanya punya dua kursi dengan lampu khusus untuk meja itu.

4. Hiburan Media
Tempat baso biasa, biasanya diberi hiburan dengan lagu dari speaker seadanya dan layar tivi biasa. Bisa diinovasikan dengan memberi hiburan dengan sound sistem yang lebih nyaman di telinga, atau tv layar besar. Atau bisa juga disertakan fitur karaoke, yang bisa disiasati dengan memberikan mik gratis jika pemesanan minimal 2 porsi.

5. Pewarnaan Ruangan
Warna kadang mempengaruhi mut seseorang. pertimbangan penggunaan warna dominan yang bisa menjadi ciri khas.

6. Menyediakan Spot Foto
Fitur ini sudah menjadi konsep wajib bagi penggila sosial media yang sering mengupload makanan/menu atau suasana tempat dia makan. memperhatikan hal ini juga akan menjadi nilai tambah.

7. Menyediakan jasa foto profesional
Ini fitur baru. Belum banyak yang menyediakan jasa foto profesional untuk pelanggan makanannya. Bisa dicoba dengan memberi pelayanan gratis atau dimasukan dalam tagihan makanan.

Baca Juga


8. Kemasan Bungkus yang Unik
Tidak sedikit pembeli yang membeli baso untuk dimakan ditempat lain. Maka mempertimbangkan kemasan baso yang dibungkus yang unik bisa menjadi nilai tambah. Ini juga bisa menjadi promosi bagi dagangan kita jika kesan pertama bungkus/kemasan ini menarik, karena orang pasti akan bertanya beli dimana.

9. Kostum Pelayan
Keunikan pasti mengundang rasa penasaran. Kostum pelayan yang unik bisa menjadi trade mark usaha baso. Bisa dicoba misalnya Kostum perawat, atau Pelaut, atau kostum etnik

10. Inovasi Basonya
Beberapa inovasi unik baso sudah pernah menjadi trend dan menjadi trademark usahanya, seperti ukuran basonya, isi basonya, penganan pendamping basonya dll. Dan inovasi ini masih bisa terus digali. Banyak inovasi yang bisa dicoba, misalnya Baso hitam, atau baso hijau, baso figur kartun. Atau bisa juga dari rasa misalnya Baso Cumi, Kepiting, atau seafood, atau bahkan baso vegetarian.


Silahkan mencoba...

Modal Utama: Siap jualan,
Modal Penting: Mengontrol produk, Mengatur karyawan, Mengkonsep Tempat
Modal Investasi : Tempat usaha (bisa rumah atau khusus kontrak) Seperangkat alat makan dan produksi baso
Modal Kerja: 500rb - 1juta atau lebih (baso, bumbu, saos, kecap, dan)
Modal Berharga : Menjaga rasa dan pelayanan
Estimasi Pendapatan: 50 - 100% dari modal kerja


Semua Ide di Blog ini adalah gratis. Silahkan dipilih yang sesuai dengan minat. Tapi jika mendapat keuntungan dari sini dan berminat untuk donasi demi kelangsungan blog ini, kami akan sangat berterima kasih. No Rek yang bisa Anda dituju yaitu 1610042433 bank Muamalat. Terima Kasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »